Minggu, 23 September 2012

TUTORIAL MINITAB


JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 2
1. PENDAHULUAN
Minitab adalah perangkat lunak Analisis statistik yang memungkinkan untuk dengan mudah melakukan analisis data. Ini adalah salah satu software yang disarankan untuk kelas. Panduan ini dimaksudkan untuk memandu Anda melalui dasar-dasar Minitab dan membantu Anda memulai dengan itu.
2. MENGGUNAKAN MINITAB
2.1. Menggunakan Minitab di Harper dan Gleacher Pusat
Minitab dapat ditemukan di komputer lab komputer. Untuk memuat perangkat lunak kunjungi:
START -> PROGRAM -> MATEMATIKA & STATS -> MINITAB 15 -> MINITAB 15 STATISTICA L SOFTWARE BAHASA INGGRIS
2.2. Menggunakan Minitab di Komputer anda
Anda dapat menggunakan Minitab 15 pada komputer Anda dengan mengambil keuntungan dari perjanjian akademik Minitab 15 memiliki. Semua informasi dapat ditemukan di
http://www.mintab.com/en-US/academic/licensing-options.aspx
2.3. Minitab Sumber Daya
Sumber utama bantuan untuk Minitab dapat ditemukan dalam menu bantuan built-in. Untuk itu pergi ke MEMBANTU - BANTUAN>.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 3
Selain itu, ada beberapa berguna Minitab Resources.
1. Bertemu Minitab
http://www.mintab.com/uploadedFiles/Shared_Resources/Documents/MeetMinitab/MeetMinitabEN.pdf
2. Minitab Tutorial - University of Reading
http://www.reading.ac.uk/nmsruntime/saveasdialog.aspx?lID=35672&sID=143849.
3. STARTING MINITAB
3.1. Minitab Proyek dan Lembar kerja
Minitab memiliki dua jenis utama dari file, proyek dan lembar kerja. Lembar kerja adalah file yang terdiri dari data, memikirkan spreadsheet yang berisi variabel data. Proyek terdiri dari, grafik perintah dan lembar kerja. Setiap kali Anda menyimpan proyek Minitab Anda akan menghemat grafik, lembar kerja dan perintah. Namun masing-masing elemen dapat disimpan secara individual untuk digunakan dalam dokumen lain atau proyek Minitab. Demikian juga Anda dapat mencetak proyek dan unsur-unsurnya.
3.2. Memahami antarmuka Setelah loading Minitab, Anda akan membuka proyek yang sudah ada atau yang baru.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 4
Dalam kedua kasus, struktur jendela berikut akan muncul
Ada 4 area di layar, Menu bar, Toolbar, Jendela Sidang dan jendela Worksheet.
3.2.1. Menu bar: Anda dapat membuka menu dan memilih perintah. Di sini Anda dapat menemukan built-in routines1.
3.2.2. Toolbar: Jalan Pintas ke beberapa perintah Minitab.
3.2.3. Sesi Window: Menampilkan keluaran dan memungkinkan Anda mengetik perintah. Untuk dapat mengetik perintah di jendela Sesi Anda perlu enable2 pilihan ini. Untuk melakukannya pergi ke
EDITOR -> ENABLE PERINTAH.
Jendela Sesi sekarang akan terlihat seperti
1 Minitab memiliki sejumlah besar built-in rutinitas yang memungkinkan Anda untuk melakukan sebagian besar analisis data dasar. Perintah juga dapat diketik ke Window Sesi, baik meniru built-in rutinitas atau untuk membuat analisis data lebih disesuaikan.
2 "MTB>" prompt akan terlihat di Window Session.
Menu bar
Toolbar
Sesi Jendela
Worksheet jendela
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 5
Dianjurkan untuk selalu melakukan langkah ini ketika Anda pertama kali Anda masuk ke Minitab.
3.3. Worksheet Window:
Data dalam Minitab disimpan dalam worksheet dari kolom dan baris. Biasanya, setiap kolom berisi data untuk 1 variabel, dengan 1 pengamatan di setiap baris. Kolom diberi nomor C1, C2, C3, ..., sedangkan baris diberi nomor 1, 2, 3, ...
3.3.1. Mengubah nama kolom.
Anda dapat mengubah nama kolom dengan mengklik lapangan di bawah jumlah kolom, mengetik nama dan kemudian tekan return. Anda juga dapat mengubah nama menggunakan perintah (lihat bagian 10.2.2)
3.3.2. Mengedit data kolom.
Data kolom dapat diedit. Anda juga dapat menyalin dan menyisipkan data ke dalam kolom. Anda dapat menyisipkan data yang txt dan Excel tanpa masalah..
4. LOADING DATA DALAM MINITAB
File Minitab diatur sebagai "proyek". Setiap proyek akan berisi semua data yang Anda gunakan dan perintah dan analisis Anda melakukan pada data.
Anda dapat membuka lembar kerja baru yang kosong setiap saat. Dalam lembar kerja kosong Anda dapat menyalin, paste dan ketik data yang Anda butuhkan dengan hanya bekerja pada lembar kerja seperti yang dilakukan pada spreadsheet apapun.
4.1. Membuka Lembar Kerja yang ada (Minitab jenis file)
Dalam proyek Anda dapat membuka satu atau lebih file yang berisi data. Bila Anda membuka file, Anda menyalin isi dari file ke dalam proyek Minitab saat ini. Setiap perubahan yang Anda buat pada worksheet sementara dalam proyek tersebut tidak akan mempengaruhi file asli.
Untuk membuka file jenis Minitab
1. Pilih FILE -> OPEN LEMBAR KERJA
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 6
2. Carilah file yang akan dibuka. Harus menjadi MTW atau file MPJ. Jenis.. Pilih file dan klik Open.
3. Jika Anda mendapatkan kotak pesan yang menunjukkan bahwa isi dari file tersebut akan ditambahkan ke proyek ini, periksa "Jangan tampilkan pesan ini lagi", dan kemudian klik OK.
4.2. Mengimpor data (Non - Minitab file jenis)
4.2.1. Membuka file Excel
1. Pilih FILE -> OPEN LEMBAR KERJA
2. Dalam "File Type" pilih bidang EXCEL (* xls,. *. Xlsx) dari menu drop down.
3. Pilih file yang ingin Anda buka, dan klik Open.
4. Jika kotak pesan muncul lihat langkah 3 dari membuka Worksheet Minitab ada (lihat bagian 4.1, 3)
4.2.2. Membuka sebuah file teks
1. 1. Pilih FILE -> OPEN LEMBAR KERJA
2. Dalam "File Type" bidang TEXT pilih (*. Txt) dari menu drop down.
3. Klik PILIHAN dan kotak dialog berikut akan muncul.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 7
4. Pergi ke "SEPARATOR KARAKTER TUNGGAL" pilihan. Data pada file teks biasanya dipisahkan oleh spasi atau tab. Pilih pilihan yang sesuai. Jika Anda tidak yakin bagaimana data dipisahkan, pilihan lain adalah dengan menggunakan jumlah baris data. Perkenalkan saja jumlah baris data dalam "JUMLAH DATA ROWS" kotak.
5. Klik OK.
6. Hasilnya akan muncul di jendela lembar kerja.
Catatan: Hal ini dapat kadang-kadang sedikit rumit karena Anda dapat mendapatkan file yang tidak memiliki data dalam format yang Anda inginkan. Jika ini terjadi, menutup worksheet di mana data ditempatkan dan mencoba mengimpor lagi, mengubah beberapa opsi pada langkah 4. Ini adalah prosedur trial and error, jadi jangan panik jika Anda tidak mendapatkannya dalam upaya pertama.
4.2.3. Menyalin data ke Minitab
Menyalin data ke Minitab bekerja seperti menyalin data ke jenis lainnya spreadsheet (misalnya Excel).
1. Copy data yang ingin Anda gunakan di Minitab.
2. Pergi ke posisi di mana Anda ingin menyalin data dalam worksheet Minitab diinginkan. Jika Anda ingin menyisipkan sel dengan Header atau Nama, pastikan bahwa Anda berdiri di dalam sel nama variabel (sel di bawah jumlah kolom C1, C2, dll).
3. Pergi ke EDIT -> SEL PASTE untuk menyisipkan data.
4. Kadang-kadang ketika Anda menyalin data, Minitab membacanya dalam format yang salah, misalnya. Sebagai teks ketika adalah numerik. Untuk mengatasi masalah ini, pilih kolom bermasalah (s) dan pergi ke DATA -> Ganti DATA TYPE -> MEMILIH FORMAT DIINGINKAN. Format yang paling berguna adalah numerik.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 8
Kotak dialog berikut akan muncul. Pilih variabel yang akan diubah dan di mana Anda ingin menyimpan mereka. Variabel penyimpanan dapat menjadi variabel sama dengan yang Anda memodifikasi. Kemudian tekan OK.
5. Cara untuk Menganalisis data
Analisis di Minitab dapat dilakukan dengan dua cara: menggunakan Built-In rutinitas atau menggunakan bahasa perintah di jendela Session. Kedua dapat digunakan secara bergantian.
5.1. Built-In rutinitas
Sebagian besar fungsi yang dibutuhkan dalam analisis statistik dasar dan lebih maju ditemukan sebagai Minitab Built-In rutinitas. Rutinitas ini diakses melalui menu bar. Untuk menggunakan perintah menu, klik pada item dalam menu bar untuk membuka menu, klik pada item menu untuk menjalankan perintah atau membuka submenu atau kotak dialog.
5.2. Komando Bahasa
Untuk dapat mengetik perintah di jendela Sesi, Anda harus memperoleh "MTB>" prompt (Lihat bagian 3.2.3). Semua perintah tersebut kemudian dimasukkan setelah
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 9
"MTB>" prompt. Semua baris perintah adalah format bebas, dengan kata lain, semua teks mungkin de dimasukkan dalam huruf besar atau huruf kecil di mana saja di baris.
Catatan panduan ini berfokus terutama pada menggunakan Built-In rutinitas. Semua penjelasan dan contoh-contoh berikut ini akan dilakukan dengan menggunakan Built-In Minitab rutinitas. Pengantar singkat menggunakan perintah Minitab ditemukan di bagian 10.
6. Deskriptif Statistik
1. Untuk mendapatkan statistik deskriptif dari variabel atau set variabel, pergi ke
STATS - STATISTIK DISPLAY> DESKRIPTIF
2. Dan jendela prompt akan muncul. Pada jendela pilih variabel (s) Anda ingin menganalisis dan klik ok.
3. Hasil akan disajikan di jendela Sesi sebagai berikut.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 10
7. Grafik
Grafik gambar built-in rutinitas dalam Minitab dapat ditemukan di bawah menu GRAFIK di menu bar. Pada Menu Grafik Anda memiliki beberapa jenis plot yang dapat Anda pilih dari, dan yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan rencana yang Anda inginkan. Di bawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana untuk menggunakan rutin grafik yang paling populer.
Grafik Minitab akan muncul sebagai jendela terpisah yang dianggap sebagai bagian dari proyek, namun mereka dapat disimpan dan disalin untuk digunakan dalam dokumen. Plot dapat disesuaikan dengan memodifikasi pilihan plot.
7.1. Sederhana sebar
1. Untuk sebar sederhana, buka submenu sebar. Kotak dialog berikut akan muncul.
2. Pilih jenis sederhana sebar, (dengan jenis regresi juga umum).
3. Kotak dialog berikut akan muncul. Pilih variabel untuk pergi pada sumbu y dan variabel untuk pergi pada sumbu x, dan klik OK.
4. Minitab akan menghasilkan plot seperti yang ditunjukkan di sini.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 11
7.2. Sederhana Dotplot
1. Untuk dotplot sederhana, pergi ke
DOTPLOT submenu. Berikut ini
kotak dialog dotplot muncul.
2. Pilih dotplot Sederhana dan kotak dialog berikut muncul. Pilih variabel yang Anda inginkan untuk merencanakan dan klik OK.
3. Minitab menghasilkan plot seperti yang ditunjukkan di sini.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 12
7.3. Sederhana Histogram dan Histogram Sederhana dengan cocok
1. Untuk sederhana atau sederhana dengan histogram cocok, masuk ke submenu HISTOGRAM.
Kotak histogram berikut dialog akan muncul.
2. Pilih jenis histogram Anda inginkan.
3. Kotak dialog berikut akan muncul. Pilih variabel yang ingin Anda merencanakan dan klik OK.
4. Minitab akan menghasilkan plot yang disajikan di bawah ini, sesuai dengan jenis histogram dipilih.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 13
7.4. Waktu sederhana Series Plot
1. Untuk plot time series sederhana, buka submenu TIME SERIES PLOT, dan memilih sederhana dari kotak dialog.
2. Kotak dialog berikut akan muncul. Pilih variabel yang akan diplot dan klik OK.
3. Minitab menghasilkan plot sebagai berikut.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 14
8. Dasar Statistik untuk pasang variabel
Untuk menghitung statistik dasar untuk pasangan variabel, seperti kovarians dan korelasi, pergi ke STAT -> DASAR STATISTIK
Dalam dokumen ini contoh statistik dihitung dengan asumsi hanya dua variabel yang dianalisis, namun pasangan statistik bijaksana selama lebih dari dua variabel dapat dihitung dengan hanya menambahkan semua variabel yang diinginkan ke kotak "VARIABEL" di jendela dialog.
8.1. Kovarian
1. Pilih KOVARIANSI untuk mendapatkan kotak dialog berikut. Pilih sepasang variabel yang ingin Anda menganalisa dan klik OK.
2. Hasilnya akan disajikan di jendela Sesi seperti disajikan di bawah ini.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 15
8.2. Korelasi
1. Pilih KORELASI dan mendapatkan kotak dialog berikut. Pilih pasangan variabel yang akan dianalisis.
2. Hasilnya ditampilkan dalam jendela Sesi seperti disajikan di bawah ini.
9. Melakukan Perhitungan dengan variabel
Minitab memungkinkan Anda untuk melakukan perhitungan dengan variabel yang Anda gunakan. Sebagai contoh Anda dapat menambah dan memperbanyak variabel. Untuk melakukan perhitungan ini Anda harus pergi ke CALC -> KALKULATOR
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 16
Kotak dialog berikut akan muncul
Hal ini pada dasarnya kalkulator yang memungkinkan melakukan banyak perhitungan dengan variabel. Fungsi dasar yang ditemukan dalam jumlah pad dan yang lebih canggih ditemukan di kotak fungsi di sebelah kanan tombol angka.
Untuk memastikan bahwa hasil Anda tidak Timpa variabel, nama variabel baru dalam "HASIL TOKO DI VAVRIABLE" lapangan di bagian atas kalkulator.
9.1. Menambahkan variabel
1. Untuk menambahkan variabel nama variabel di mana Anda ingin menyimpan hasil.
2. Pilih variabel pertama, tekan tombol "+" dan pilih variabel kedua (dan seterusnya untuk lebih dari dua variabel). Anda harus mendapatkan sesuatu yang mirip dengan jendela di bagian kanan
3. Hasilnya kemudian akan ditampilkan dalam jendela lembar kerja
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 17
9.2. Mengambil logaritma
Fungsi lain yang berguna dalam analisis statistik adalah untuk mengambil log dari variabel.
1. Cari "LOG ALAM" atau "DASAR LOG 10" (tergantung pada yang Anda
perlu) dalam daftar fungsi. Sebuah jalan pintas untuk menemukan fungsi adalah memilih "logaritma" dari menu drop down fungsi.
2. Di dalam kurung, mengubah nomor untuk nama variabel. Menyoroti "NOMOR" dan hten memilih variabel yang akan Anda ubah melakukan hal ini.
3. Pastikan bahwa Anda telah membuat sebuah variabel di mana Anda ingin menyimpan hasil, dengan menempatkan nama di "TOKO HASIL DALAM VARIABLE" kotak.
4. Hasilnya akan muncul dalam
worksheet jendela.
9.3. Logis fungsi
Beberapa analisis statistik akan perlu untuk memisahkan kelompok-kelompok sesuai dengan karakteristik yang terkandung dalam data. Fungsi logis sangat berguna dalam kasus ini. Contoh sederhana tentang cara menggunakannya dijelaskan di bawah ini.
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 18
1. Pilih variabel yang ingin Anda lakukan tes logis untuk. Di sini kita melihat variabel "SEX".
2. Pilih tes logis yang ingin Anda gunakan. Di sini kita ingin melihat mana pengamatan memiliki "SEX" variabel sama dengan 1. Artinya, yang pengamatan adalah laki-laki.
3. Pastikan bahwa Anda telah menunjukkan sebuah variabel di mana untuk menyimpan hasil Anda, dengan mengetikkan nama variabel hasil Anda dalam "HASIL TOKO DI VARIABLE" kotak.
4. Variabel hasil akan menjadi variabel biner (variabel 1 dan 0) di mana 1 menunjukkan tes logis adalah benar dan 0 uji adalah palsu. Variabel hasil akan muncul di jendela Worksheet.
10. Menggunakan perintah Minitab di Jendela Sesi
Perintah Minitab hanya dapat ditulis setelah "MTB>" prompt. Jika cepat ini tidak terlihat di Window Sesi Anda, Anda harus mengaktifkan perintah, lihat bagian 3.2.3.
10.1. Minitab perintah bahasa
Untuk Minitab untuk memahami perintah Anda mengetik Anda harus memiliki dalam pikiran Konvensi berikut, jika tidak Minitab tidak akan menghasilkan hasil.
1. Nama variabel harus masuk ke dalam ''. Ini berarti yang Anda mengacu pada sebuah variabel bernama USIA Anda akan perlu mengetikkan 'AGE' setiap kali Anda maksud dalam sebuah baris perintah.
2. Ketika Anda mengacu pada jumlah kolom Anda tidak perlu mengetik ''. Sebagai contoh jika Anda menggunakan C1 variabel, Anda hanya akan perlu mengetikkan C1.
3. Sebelum melakukan perhitungan variabel Anda harus mengetikkan
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 19
Mari variable_name =
Di bidang variable_name Anda bisa menggunakan jumlah kolom atau nama variabel.
4. Setiap kali Anda menggunakan karakter atau sekelompok karakter yang Anda perlu menggunakan ''. Sebagai contoh jika Anda ingin nama C1 variabel sebagai USIA Anda perlu menulis "UMUR".
10.1.1. Bantuan dengan Perintah Minitab
1. Jika Anda perlu bantuan dengan Komando Sesi jendela atau Perintah pergi ke
2. HELP -> BANTUAN (Lihat bagian 2.3)
3. Kemudian di bawah REFERENSI klik PERINTAH SESI, maka BANTUAN SESI COMMAND.
4. Klik pada link yang BANTUAN SESI COMMAND yang muncul pada jendela sisi kanan
5. Jendela berikut akan muncul. Di sana Anda dapat menemukan fungsi dan bantuan umum untuk Minitab Perintah
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 20
10.2. Contoh
10.2.1. Menambahkan variabel
1. Untuk menambahkan jenis variabel di jendela perintah
Mari RESULT_VARIABLE = VARIABLE1_NAME + VARIABLE2_NAME
Misalnya anda ingin tes variabel harus sama dengan usia + seks, maka Anda harus mengetikkan
Mari kita uji '=' usia '+' jenis kelamin '
2. Hasil akan muncul pada jendela lembar kerja pada kolom uji.
10.2.2. Penamaan variabel
1. Ketik jendela sesi
Nama COLUMN_NUMBER "NAMA"
Misalkan Anda ingin nama C8 uji kolom maka Anda perlu mengetikkan
Nama C8 'test'
2. Hasil akan muncul di
worksheet.
10.2.3. Mengambil log
1. Untuk mengambil (alam) logaritma dari jenis variabel
Mari RESULT_VARIABLE = LN (Variable_name)
Misalkan Anda ingin memiliki (alam) logaritma usia disimpan dalam kolom C9. Kemudian Anda harus mengetikkan
JATUH STATISTIK BISNIS 2009 41000
PETUNJUK UNTUK MINITAB 15 21
Mari C9 = LN ('usia')
2. Hasil akan ditampilkan dalam jendela lembar kerja
11. REFERENSI
1. Minitab. Bertemu Minitab 15. 2007
2. Federico Bandi. Pengenalan Minitab. Musim panas 2009.
Baru! Klik kata di atas untuk mengedit dan melihat terjemahan alternatif. Tutup
Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs WebPeluang Pasar Global
Matikan terjemahan instanTentang Google TerjemahanSelulerPrivasiBantuanKirimkan masukan

1 komentar:

  1. 888Casino (RNG) | Casino | DRMCD
    This is a new slot game and its 부산광역 출장샵 sequel. It's a 익산 출장안마 classic game that is played by 5-reel. You 서귀포 출장안마 are dealt 논산 출장마사지 5 x 4 and you can choose between three 부산광역 출장마사지

    BalasHapus